Contact Form

 

X-RAYS







Halo CIMSA-ers semuaaaa,,, Apa kabar????? Kabar kita lagi bahagia bangett lhoo.
Jadi kita baru saja menyelesaikan project, namanya X-RAYS (Explore your Research with Elementary Students). Acara ini berlangsung selama 2 hari dalam 2 minggu,yaitu tanggal 8 & 15 September 2012 di SD Al-Azhar Padang. Jadi, konsepnya kita ngajarin adek2 kelas 5 SD tentang research,,,,, eitsss researchnyaa bukan yg kayak buat skripsi loo.. Tapi research2 yang sering kita lakuin pas SD…Penasaran kan apa ajaa??? Yukk lanjutttt

Hari 1, tanggal 8 September 2012, kita semua pergi ke SD Al-Azhar,, dimulai dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan demonstrasi eksperimen, yaitu bom meledak, invisible ink, gunung meletus, bola dari origami, dan uang ajaib.
Kemudian mereka mencoba sendiri, dan diajarin mekanisme eksperimen tersebut terjadi.

Hari ke 2nyaa tanggal 15 september 2012,, kita balik lagi ke SD. Mulai jam 9, mereka dibagi jadi 4 kelompok, setiap kelompok tediri dari 6-10 murid. Kemudian mereka masuk ke 4 posko. Ini dilombain loh. Posko 1 = bom meledak–> bom nyaa dari plastik kok, jadi robekan kertas dicampur baking soda dimasukin ke plastik, dimasukin lagi ke larutan cuka dan air hangat…dikocok-kocok dann aaaawwaassss….bom nyaa pun meledakk…Posko 2= gunung meletus,, yang meletus bukan gunung singgalang atau gunung marapi loo..
Jadi kita buat 5 gunung marapi dari plastisin, dengan tulisan S C O R E… Keren dehh.. Terus didalam gunung, diisi lava buatan, berupa campuran cuka+detergen+pewarna makanan… Kemudian dimasukin 1-2 sendok teh soda kuee..dan meletuslah gunung SCORE tersebut..
Posko 3 = uang ajaib–> disini kita ngebakar uang tapi gak kebakar, soalnya uang itu udah dicampur dengan spritus, alkohol, NaCl, ditunggu 1 menit..dan alhasil,,uangnyaa masih utuh tuhh..
Posko 4 = Pelangi dimatamuu..ehh.. Pelangi didalam gelas maksudnyaa..hehe,, –>jadi, ada 5 gelas, gelas 1-4 diisi gula dan pewarna yang bebeda + air,, terus digabungkan ke dalam 1 gelas.. Finally…gelas tersebut membentuk pelangii..
Cantik banget lhoo…Setelah ke-4 posko tesebut dilalui, mereka dinilai oleh tim juri dari keberhasilan eksperimen mereka dan dikasih pertanyaan mengapa bisa terjadi seperti ituu.. Anak2nyaa pada pintar-pintar lhooo.. Soalnyaa udh diajarin juga pas hari 1..hehe
Kemudian kita ngumpul lagi di hall, main2 tebak gambar dan tebak kata, lalu pengumuman juara dan penutup. Sekolahnya kita kasih plakat + kenang2an berupa video research yg udh kita buat sendiri..
Oh iyaaa… Acara kita ini sangat didukung lhoo ama kepseknyaa,, selain itu acara kita juga diliput oleh inioke.com nih linknyaa::
Wajib dibukaa yaa!!!!hehee

Oia, diakhir acara kita juga nyuruh-nyuruh anak-anaknya buat testimoni lo,
alhamdulillaah banget gayung bersambut, hhee. Maksudnya anak-anaknya justru pengen kita kesana lagi buat bereksperimen kembali. Pokoknya for all, kita senang, anak-anak senang, semua menang. Haha..

RESEARCH ME, KISS ME, SCORE ME…….
Warmest hugs {}
Project Officer
Putri Mira Magistri
SCORE CIMSA UNAND 2010

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply