Contact Form

SCOREXCHANGE !

Halo semuanya, apa kabar? Mudah-mudahan dalam kondisi sehat dan semangat selalu ya. Amiiin..
Disini kami pengen berbagi cerita nih tentang proker (program kerja) terbaru SCORE UNAND yaitu “Research Exchange”.
Meskipun disini kami cuma bisa cerita dalam narasi yang super duper panjang gini, tapi mudah-mudahan gak ngebosenin deh J
Selamat membaca ya !!! :D
Kalau di cerita dongeng kita sering denger ‘Pada suatu hari dan bla bla bla’, tapi karna ini kisah nyata, kami mulai dengan ‘Bismillah’ aja kali ya. Hehe..
Oke, Bismillaahirrahmaanirrahiim..
Jadi, tahun ini SCORE UNAND mendapatkan 3 incomers ( Yeey! ). 2 orang dari Polandia, namanya Misia dan Basia, dan 1 orang dari Canada-Quebec, namanya Lulu. Yang udah datang baru 2 orang, yaitu : Misia dan Lulu. Misia datang ke Padang tanggal 23 Juni 2012 (Sabtu), sedangkan Lulu datang tanggal 29 Juni 2012 (Jum’at). Untuk research mereka sendiri itu beda-beda, kalau Misia tentang HIV, kalau Lulu tentang Dengue. Tahun ini adalah pertama kalinya SCORE UNAND berkolaborasi dengan SCOPE UNAND dalam hal ‘Exchange’ ini. Mulai dari ‘Welcoming Party’ yang diadain tanggal 2 Juli 2012 (Senin). WP ini diadain di Tee Box, mulai jam 7 malam. Disana kita Karaokean + Makan-makan pastinya. Acara ini diawali dengan kata sambutan dari LEO, LORE, dan Presiden Cimsa Unand.
Gak hanya sekedar karaokean biasa aja, kita juga ngadain lomba nyanyi lagu bahasa Indonesia buat ke 5 incomers (2 dari SCORE + 3 dari SCOPE). Kocak deh ngeliat bule nyanyi lagu bahasa Indonesia. Karna lagunya kita yang nentuin, jadi mereka sama sekali gak tau itu lagu apa dan bisa dibilang mereka murni nyanyi pake feeling aja. Jadi ada yang nadanya dimana, nyanyinya ntah kemana, ada juga yang pengucapannya salah, dan ada juga yang dengan pedenya pake joget segala. Pokoknya, ngakak deh ngeliat aksi mereka malam itu (Hehehe).

Nah, setiap perlombaan pasti ada pemenangnya kan, dan pemenang lomba karaoke ini adalah Lulu dari SCORE UNAND (Sesuatu ya SCORE kita ini) dengan lagu hitsnya “cicak-cicak di dinding” (ckck) dan tentunya si pemenang, kita kasih hadiah, yaitu sebatang coklat vanilla besar yang enak dan lezat. Sambil karaokean juga sambil makan-makan. Agak salah taktik sih sebenernya, harusnya mesen makanannya udah dari awal, tapi karna kita keasikan karaoke jadi lupa, dan jadinya kelamaan nunggu makanan deh, tapi gakpapa, untung bisa karaokean. Kalau gak, pasti agak krik-krik deh. Trus diakhir acara kita ngasih surprise hadiah buat ke 5 incomers, yaitu tas bermotif ‘rumah gadang’, ciri khas Minangkabau (Untung aja ke 5 incomers kita cewek semua, jadi gak terlalu sulit nyari tas nya).
Dan akhirnya acara WP ini baru selesai sekitar jam 11’an malam. Meskipun capek banget, tapi kita seneng banget, karna ini semacam ‘the best party ever’ la. Hehe.
Exchange tanpa social program alias jalan-jalan, pasti bakal ngebosenin banget kan. Nah, jadi di akhir pekan, tepatnya tanggal 8 Juli 2012 (Minggu), kita jalan-jalan ke Sikuai Island. Perjalanan yang indah diawali dengan segarnya udara pagi dan cerahnya matahari, perjalanan ini diawali dengan menaiki boat selama 1 jam ke pulau tersebut. Sesampainya di pulau tersebut, kita disambut dengan jernih dan birunya laut sejauh mata memandang -just like paradise-. Disana selain kita bisa menikmati keindahan alam, kita juga bisa menikmati keindahan bawah laut lo. Jadi kalau mau berenang gak masalah, karna lautnya dangkal. Pas banget buat kalian-kalian yang mau menenangkan pikiran.
Setelah agak siangan, kita makan siang bersama, makanannya juga enak lo. Tapi sayang seribu sayang, setelah makan siang, tiba-tiba cuaca mendadak berubah, angin berhembus kencang, hujan mengguyur dengan derasnya, dan badai menari-nari dengan lincahnya (benar-benar diluar dugaan). Alhasil boat yang seharusnya mengantar kami pulang sore itu juga, terpaksa ditunda hingga keesokan paginya. Pengalaman luar biasa terjebak dengan bule tanpa persiapan. Karna sejujurnya perjalanan ini adalah perjalanan pulang-pergi, jadi kami semua gak ada yang persiapan buat nginap, apalagi persiapan bawa duit lebih buat sewa penginapan. Jadi akhirnya kami memutuskan untuk tidak tidur di penginapan melainkan tidur di kursi-kursi restoran. Malam itu benar-benar malam yang dingin sekali. Tapi kami bersyukur banget, karena pegawai-pegawai disana berbaik hati meminjamkan kamar tidur mereka buat kami, karena kasihan ngeliat kami yang kedinginan. Tapi jangan suudzon ya, kamar tidur cewek ama cowok beda kok, kebetulan mereka minjemin 2 kamar, kamar yang besar buat para cewek-cewek, dan kamar yang agak kecil buat para cowok-cowok. Yang jelas kami benar-benar berterimakasih banyak sama mereka malam itu, kalau gak karna kebaikan hati mereka, pastinya kami udah pada demam dan masuk angin keesokan harinya. Keesokan harinya boat menjemput kami jam 6 pagi teng. Jadi satupun dari kami blum ada yang mandi sesampainya di Padang (Gak paham lagi deh). 1 hal lagi yang bikin perjalanan ini semakin menarik adalah karna 1 bule SCORE, yaitu Misia, pulang hari itu juga. Dan sejujurnya dia sama sekali belum packing barang buat keberangkatan dia jam 10 pagi itu, tapi untungnya host-fam nya membantu packing’in barang dia, jadi setelah sesampai di Padang, kami masih di sibukkan dengan 2 hal lagi :
  1. Mengantar dia ke rumah host-fam nya untuk mengambil barang-barang sekaligus minta izin sama host-famnya.
  2. Mengambil sertifikat dan baju kaos bertuliskan ‘Medical Faculty – Andalas University’ sebagai hadiah terakhir buat dia (jadi semua incomer bakal dapat kaos ini).
Pada saat itu kami benar-benar berpacu dengan waktu. Tapi untungnya dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, akhirnya kami berhasil mengantar Misia ke bandara sebelum pesawatnya take off (Fiuuuuh..).
Untuk social program yang kedua adalah ke Bukittinggi, sekitar 2 jam’an dari Padang. Kami berangkat jam 10 pagi dari Padang. Sebelum sampai di bukittinggi, kami mampir dulu di Air Terjun Lembah Anai, buat apa lagi kalau bukan buat foto-foto. Hehe.Setelah itu makan siang di restoran minang yang tempatnya pewe, karena ada lesehannya. Trus sesampainya di Bukittinggi, tujuan pertama kami adalah Ngarai Sianok. Indahnya bisa ngeliat Ngarai dilatarbelakangi Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya.
Setelah itu tujuan kami adalah Jam Gadang, dan pasar atasnya tentunya, disana para bule sempat membeli souvenir buat keluarga mereka. Setelah agak sorean kami ke Padang Panjang, tujuannya cuma buat beli roti dan pisang goreng coklat keju. Para bule itu selalu saja heran kenapa di Indonesia coklat dan keju dicampur jadi satu, tapi kata mereka enak (hahaha, labil). Setelah itu kita cabut ke Padang. Sesampainya di Padang, kita nongkrong dulu di Taplau buat makan roti sama pisang tadi. Dan akhirnya perjalanan hari itu baru selesai sekitar jam 10 malam.
Sebenernya masih mau diadain social program lainnya, tapi karena udah masuk bulan puasa, jadi kita cuma jalan-jalan di dalam kota aja. Trus untuk ‘Farewell Party’ itu diadain tanggal 25 Juli 2012 (Rabu), sambil buka bareng bule. Acara ini diadain di Rumah Nenek, disana kita buka bareng, berbagi pengalaman mereka selama di Padang. dan tentunya kami tetap memberikan surprise, kali ini surprisenya berupa kue, bukan sekedar kue biasa dong, tapi kue bertuliskan ‘selamat tinggal’ dalam bahasa Indonesia, bahasa Prancis (Au Revoir), dan bahasa Slovenia (Adijo) (sesuai negara para incomers),
dan terakhir acara ditutup dengan foto-foto bareng tentunya.

Selain cerita diatas, sebernya masih banyak hal lain yang kami lalui selama proker ini, yang diceritain diatas cuma 3 hal yang akan selalu dilakukan kalau ada incomers, mulai dari Welcoming Party, Social Program, dan Farewell Party. Jadi masih banyak hal menarik lain yang kami lalui, mulai dari ke pantai air manis; nongkrong di taplau sambil ngeliat sunset dan minum kelapa; ke museuum adityawarman ngeliat budaya Minangkabau; nonton final sumbar talenta dan ngeliat aksi orang-orang berbakat Sumatera Barat; nonton bareng film Indonesia dengan subtitle inggris tentunya; ataupun hanya sekedar jalan-jalan, keliling-keliling, maupun makan bareng; dan yang gak kalah menarik juga adalah kami bisa ikutan ngeresarch bareng mereka, ikut ngerasain gimana rasanya jadi peneliti (inilah salah satu manfaat jadi anggota SCORE, kita bisa ikutan NGERESEARCH juga), selain ikutan research, kita jadi bisa PRACTICE ENGLISH gratis bareng mereka dan mencoba berbagai hal baru yang menarik, salah satunya nyobain ‘ampiang dadiah’, buat yang gak tau apa itu dadiah, dadiah adalah minuman khas sumatera barat yang agak susah nyarinya, dan kalau orang awam banyak yang bilang yogurt tradisional. Pokoknya banyak hal-hal baru dan menyenangkan yang kami lalui sama-sama selama proker ini, yang gak bisa disebutin semua disini.

Nganter Lulu ke Bandara (Rabu, 1 Agustus 2012)
Nah, sekian aja cerita dari kami, nantikan cerita-cerita kami selanjutnya, jadi cek terus ya web tercinta kami ini. Terima kasih ya buat yang udah sempetin membaca :D
GO CIMSA !!! BE ACTIVE WITH CIMSA !!!