Contact Form

 

Hari Dokter Nasional



Tahukah kamu hari ini adalah hari peringatan Hari Dokter Nasional? Harusnya tau doooong kan kita juga (nantinya jadi) dokter (amin) :D  
Peringatan Hari Dokter Nasional ini ditetapkan setiap 24 Oktober.
Ada yang bilang Hari Dokter Nasional, ada yang bilang Hari Dokter Indonesia.
Aaah~~ ga masalah, yang penting ini hari bangsa Indonesia merayakan Hari Raya Dokter Nasional :D yeaaay~
Apa sih pentingnya kita ngerayain Hari Dokter Nasional ini?
Hmmm.. Perayaan Hari Dokter Nasional ini sebenernya lebih untuk merefleksikan kita (calon) dokter untuk mengintrospeksi diri apakah kita bisa menjadi dokter yang baik, apakah kita sudah bisa jadi dokter yang mampu mengemban amanah dalam menjalani profesi kita?

Dokter yang baik itu gimana sih? Yuk simak pendapat dari beberapa pejabat di CIMSA Unand :D
“Dokter yang baik itu dokter yang mengerti untuk apa dokter itu ada, yaitu untuk menolong sesama, untuk menjaga kepercayaan mereka, yang meyakini bahwa dokter adalah jalan bagi mereka untuk medapatkan kesembuhannya kembali,” Teddy Kurniawan, Presiden CIMSA Unand.
“Dokter yang baik adalah dokter yang bisa memaknai hidup orang lain seperti memaknai hidupnya sendiri,” Amrina Rasyada, Secgen CIMSA Unand.
“Dokter yang baik adalah dokter yang perceptive, yaitu sensitif, mampu tau dan sadar dengan keadaan sekitar sehingga mampu segera melakukan apa yang harus dilakukan,” Vini Jamarin, Treasurer CIMSA Unand.
“Dokter yang baik itu dokter yang melayani pasien dengan sepenuh hati dan mengutamakan kesembuhan pasien,”
Dinda Wijaya, LORA CIMSA Unand.

“Dokter yang baik itu dokter yang berempati dengan pasiennya dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya.” Rizka hanifa, LEO Outgoing CIMSA Unand.
“Dokter yang baik itu dokter yang berpikir jangka panjang terhadap tindakan yang diberikan.. Dan meanalogikan pasien pada diri sendiri,” Mellyana Putri, Koor. HROD CIMSA Unand.
Nah nah, siapa sih dokter itu?
Kata ‘dokter’ sudah cukup untuk mewakili segala bentuk kebaikan, ketulusan, dan keikhlasan, serta keprofesionalan dalam mengabdi untuk setiap jiwa.
Dokter adalah salah satu profesi yang mulia karena dia orang yang mampu membantu menyembuhkan orang yang sakit.
Banyak masyarakat yang menganggap dokter itu orang yang paling hebat. Pintar, bisa nyembuhin orang sakit, daaaan banyak uang.
No no noooo
Dokter juga manusia cyiiin. Mungkin bisa dibilang orang hebat karena harus sekolah bertahun-tahun untuk menuntut ilmu kedokteran mereka supaya mereka bisa ngobatin orang yang sakit. Iya kan? Boleh lah kita sebagai mahasiswa kedokteran beranggapan kita itu hebat karena sanggup sekolah bertahun-tahun demi bisa mengabdi kemasyarakat. Tapi dengan kehebatan kita, kita juga menanggung tanggung jawab yang besar.
Kita harus mampu berempati, menjaga keprofesionalan kita dalam menjalani profesi dan mampu membangun kepercayaan pasien terhadap kita.
Itu memang bukan hal yang mudah. Tapi kalo kita yakin sama apa yang kita jalani, pasti segala sesuatu yang kita jalani ngga bakal bikin kita terbebani sama hal-hal tersebut. Iya nggaaaaa?

Bangsa Indonesia masih membutuhkan jutaan dokter bermartabat dan berani mengabdi untuk negeri. Jangan pernah sia-siakan niat dan usaha kita untuk menjadi dokter pembangun bangsa. Karena Indonesia butuh kita.
Untuk sejawat yang lagi jenuh menghadapi lika-liku kehidupan sebagai mahasiswa kedokteran, tetaplah semangat! Ingat tujuan kita untuk mengabdi kepada masyarakat. Bangsa Indonesia still need us dan it always be loh :D
Ingat juga profesi kita itu profesi yang mulia yang kalo kita jalani sepenuh hati, ga bakal tergantikan rasa kepuasaannya dengan apa pun :”)

Selamat Hari Dokter Nasional :)
Pengabdianmu Dinanti Bangsa :)

Nidia Ramadhani
Media Management CIMSA UNAND 2012/2013

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply