Contact Form

 

Inilah yang Mengacaukan Ritme Sirkadian Tubuh



Orang yang suka begadang ataupun tidur dengan lampu masih menyala dapat menyebabkan kerusakan pada ritme sirkandian tubuh.Ilmuwan Australia menemukan bahwa tidur larut malam dapat menyebabkan jam biologis tubuh atau ritme sirkadian tubuh menjadi kacau, sehingga sulit untuk mengimbangi kegiatan yang dimulai dari jam 9.00 sampai 17.00. “Orang yang suka begadang sering merasa sulit untuk tidur dan tidak segar keesokan harinya. Efeknya sama seperti jet lag,” kata Profesor Helen Burgess dari Rush University Medical Center di Chicago.

Begitupun tidur dengan terlalu banyak cahaya buatan pada malam hari dari lampu juga berdampak buruk bagi kesehatan. Keadaan gelap pada saat tidur berperan penting dalam produksi hormon melatonin sehingga adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh (immunomodulator). Prof. Russle Reiter dari Texas University mengatakan, “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.

Hal ini menjawab semua pertanyaan, bahwa memang benar begadang ataupun cahaya lampu di saat tidur merusak ritme sirkadian sehingga orang gampang lelah dan jatuh sakit.

Oleh
Wulan Pricila
SCORA CIMSA UNAND

Artikel ini juga dipublikasikan oleh inioke.com

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply