Contact Form

 

Kebiasaan Buruk Anak Kost yang Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

BadHabit


Biasanya fase kuliah dan bekerja adalah fase-fase dimana terjadi perubahan besar pada diri seseorang. Terutama jika sesorang  itu memilih untuk mengejar cita-citanya dengan mengambil kuliah atau memilih untuk bekerja dikota yang berbeda dari kota dimana ia biasanya berdomisili, istilah kerennya “merantau”. Nah saat merantau inilah para “perantau” tersebut harus dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka harus meninggalkan comfort zone mereka yaitu rumah dan digantikan dengan tempat tinggal baru yaitu kost-an.
Pada fase perpindahan dari rumah ke kost-an inilah yang biasanya jadi problem bagi sebagian besar perantau, dari jadwal makan yang jadi  tidak  teratur sampai jam tidur yang juga berubah menjadi berantakan. Terkadang para perantau ini tidak sadar kalau kebiasaan yang dia dapatkan saat tinggal   ini dapat berdampak buruk buat kesehatan mereka. Berikut adalah beberpa kebiasaan buruk anak kost yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.
1.      Nge-skip sarapan
Fyi otak itu butuh nutrisi langsung untuk bekerja. Sedangkan salah satu kebisaan anak kost itu sering banget ngeskip sarapan. Kesiangan, ga punya makanan buat dimakan, dan belum merasa lapar seringkali jadi alasan yang dilontarkan oleh anak- anak kost . Padahal kalau kita melewatkan sarapan tentunya suplay nutrisi keotak akan berkurang dan kinerja otak juga akan berkurang.

2.      Jarang berolahraga
Hampir semua orang pasti sependapat bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan. Namun, masih banyak yang tidak mengaplikasikan olahraga sebagai suatu hal yang penting bagi kesehatan, salah satunya anak kost. Dimana, kesibukan mereka seringkali membuat mereka lalai untuk berolahraga. Padahal banyak sekali ancaman penyakit bagi orang-orang yang jarang belorahraga mulai dari daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang penyakit hingga obesitas dan penyakit jantung koroner.

3.      Pola tidur yang buruk
Pola tidur yang buruk ini bisa bermacam –macam ada yang tidurnya kebanyakan ada juga yang kurang tidur atau terkena insomnia. Dimana  terlalu banyak tidur menyebabkan efek buruk pada neurotransmitter yang ada di otak, yang mana bisa mengakibatkan sakit kepala ketika bangun setelah tidur panjang. Sedangkan efek dari kurang tidur lebih mengerikan lagi yaitu kanker panyudara. Dimana peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan sebuah penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia antara 40 sampai 79 tahun dan berhasil menemukan bahwa peserta yang memiliki waktu  tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kanker payudara 62 persen dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.

Apakah anda memiliki kebiasaan buruk seperti yang disebutkan diatas? Kalau begitu berhatilah – hatilah dan bersipalah untuk merubahnya demi kesehatan anda. Karena seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati.
by Qorirah Indrapati

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply