Contact Form

 

i-Ace Rubric: Taiwan



TAIWAN

Halo semuanyaa...

Dalam rubric i-Ace ini, kita para member SCOPEople akan mengenalkan kamu dengan berbagai macam Negara di luar sana. Apalagi bagi kamu-kamu yang kepengen exchange dan jadi salah satu outgoers Indonesia. Dan Negara beruntung yang terpilih kali ini adalah: TAIWAN! Kenapa memilih Taiwan? Yaah… siapa tau aja setelah mendengar cerita-cerita para wakil Indonesia di August Meeting kemarin jadi ada calon outgoers yang pengen datang ke sana?
Naah… dari pada mengulur-ulur lagi, ini dia beberapa fakta (atau bahkan trivia) tentang Taiwan!

Pertama, secara geografis Taiwan itu terletak di Asia Timur, sebelah utara dari Filipina dan tenggara dari China, serta dibatasi oleh Laut Cina Selatan, Laut Filipina, Laut Cina Timur, dan Selat Taiwan. Total luas areanya 35.980 km2 (yang membuatnya hanya sedikit lebih kecil dari pada Maryland dan Delaware digabungkan) dengan garis pantai sepanjang 1.566,3 km. Bentuk pulau utamanya terlihat seperti ubi jika dilihat dari arah selatan-utara, maka dari itu banyak diantara orang Taiwan menyebut bangsa mereka sebagai “anak ubi”. Titik tertinggi Taiwan dimiliki oleh puncak gunung Yu Shan dengan ketinggian 3.952 meter. Pulau Taiwan itu sendiri telihat bergunung-gunung di sebelah timurnya yang kemudian melandai ke arah dataran di sebelah baratnya. Dan di ujung utara pulaunya terletak Taipei, Ibukota Taiwan (yang di foto terlihat seperti daerah abu-abu yang dikelilingi warna hijau tua). (photo 1)

Pulau Taiwan secara geologis terletak di suatu area tektonik antara Lempeng Yangtze, Lempeng Okinawa, dan Sabuk Filipina. Dan walaupun terdapat banyak gunung di sana, sejauh ini hanya ada satu gunung yang terdata aktif aktivitas vulkaniknya yaitu Gunung Kueishantao (ketinggian 401 meter) dan bahkan gunung itupun terakhir meledak berabad-abad yang lalu.


 
Iklim Taiwan termasuk kategori tropis marinal. Bagian utara pulau mengalami musim hujan yang berlangsung dari Januari hingga akhir Maret selama muson timur berhembus dan menerima hujan lebat selama bulan Mei. Setelahnya seluruh pulau Taiwan akan mengalami udara panas dan lembap selama Juni-September. Bagian tengah dan selatan pulau tidak akan mengalami musim muson yang berkepanjangan selama bulan-bulan musim dingin.

Penduduk Taiwan kebanyakan merupakan penduduk asli dari sana, hanya ada sekitar 14% yang berasal dari daratan utama China (dan 2% lainnya merupakan pendatang). Perkiraan populasinya lebih dari 23 juta penduduk (photo 2). Dalam percakapan sehari-harinya kebanyakan dari mereka menggunakan Mandarin. Penganut ajaran Buddha dan Tao mendominasi dengan presentase 93%, yang disusul oleh umat Kristiani sebesar 4,5% dari total seluruh penduduk Taiwan.

Budaya mereka merupakan campuran dari berbagai macam budaya, mulai dari China tradisionil, Jepang, Konfusius, dan ditambah budaya Barat pula akhir-akhir ini. Untuk budaya asli mereka sendiri sebenarnya masih sering diperdebatkan, karena budaya mereka itu terlihat seperti budaya China yang “dilokalisasikan”. Mungkin juga hal ini ada hubungannya dengan status politik Taiwan dan hubungannya dengan RRC sejak zaman dahulu (lihat status politik di bawah) dan mengakibatkan perbedaannya dengan budaya China.


Salah satu atraksi ter-WAUW milik Taiwan adalah National Palace Museum (Guólì Gùgōng Bówùyuàn), yang memiliki lebih dari 650.000 koleksi kaligrafi, lukisan, perhiasan, keramik, dan berbagai artifak seni lainnya yang dianggap sebagai koleksi seni China terhebat di dunia. (photo 3) Barang-barang seni kelas tinggi ini dipindahkan dari Kastil Terlarang di Beijing pada tahun 1933 selama perang sipil China berlangsung.

Pemerintahan Taiwan berbentuk kesatuan republik kostitusional semi-presidensial, dan sistem ini lah yang membedakan mereka dengan China secara mendasar (China menganut paham komunis). Mereka, seperti Indonesia, mengadakan pemilu untuk menentukan para wakil rakyat di kedudukan pemerintahan. Dan sepertinya, perbedaan paham ini juga yang menyebabkan konflik politiknya dengan China masih belum berakhir hingga sekarang (walaupun China sempat menawarkan Taiwan menjadi “daerah istimewa” RRC yang memiliki pemerintahannya sendiri dan kemudian ditolak).

Dari sisi status legal politiknya, Taiwan terdengar cukup unik karena walaupun termasuk salah satu Negara awal yang turut membentuk PBB, Taiwan sampai saat ini tetap tidak dapat masuk ke dalam PBB sebagai sebuah Negara setelah “ditendang paksa” keluar dari PBB pada tahun 1971 karena Resolusi PBB nomor 2758 yang kemudian mengganti semua kedudukan Republik Tiongkok di PBB dengan Republik Rakyat Cina/Republik Rakyat Tiongkok (akibat dari RRC yang mengklaim Taiwan sebagai salah satu bagian dari Negara mereka secara de facto).Dan akibat lainnya dari resolusi tersebut adalah banyak Negara yang kemudian mengalihkan hubungan diplomatik mereka dengan Taiwan ke kantor kedutaan RRC dan hanya ada total kurang lebih 20-an Negara yang masih tetap mengakui Taiwan sebagai suatu Negara independen (walaupun kebanyakan dari Negara tersebut adalah Negara-negara kecil atau Negara dunia ketiga yang tidak memiliki potensi strategis dikalangan dunia internasional). Namun kenyataannya, masih banyak Negara yang melakukan hubungan diplomatik dengan Taiwan walaupun secara tidak resmi, termasuk Indonesia. Dan biasanya Taiwan akan menggunakan “Kantor Perwakilan Perdagangan dan Kebudayaan Taipei” sebagai ganti kantor kedutaan mereka di Negara-negara tersebut.

Beberapa trivia lainnya soal Taiwan:
àterbentuk Republik Taiwan tanggal 1 Januari 1912
àmata uangnya Dollar Taiwan
àsetir disebelah kanan
àkode telepon internasionalnya +886
àkode domain internetnya .tw 

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply