Contact Form

 

BCAM (Breast Cancer Awarness Month)

BCAM
(Breast Cancer Awarness Month)
SCORA

Latar Belakang

Kanker payudara merupakan masalah utama kesehatan perempuan di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Kanker payudara adalah kanker tertinggi yang diderita wanita Indonesia dengan angka kejadian 26 per 100.000 perempuan. Di Indonesia, telah terjadi lonjakan kasus kanker selama 10 tahunterakhir dan kejadian kanker payudara meningkat sebesar 60%.
Di Sumatera Barat, kejadian kanker lebih tinggi dari rata-rata nasional, yaitu pada urutan ke-enam dari 33 provinsi di Indonesia dan kanker payudara merupakan jenis kasus kanker tertinggi dari seluruh kejadian kanker. Kanker payudara tidak hanya diderita oleh wanita diatas 30 tahun tapi juga dapat diderita oleh wanita dibawah 30 tahun.
Masalah dalam penanggulangan kanker payudara di Indonesia adalah penderita datang pada stadium lanjut. Penderita yang berobat pada stadium dini hanya berkisar 20 – 30%. Sedangkan penderita yang datang pada stadium lanjut sebanyak 70%. Masalah lainnya dalam penanggulangan kanker payudara adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kanker payudara. Penyebaran informasi mengenai faktor risiko kanker payudara dan pemeriksaan dini payudara mungkin kurang tersebar di masyarakat. Masih banyak wanita yang belum menyadari pentingnya melakukan deteksi dini.
Deteksi dini merupakan langkah awal dan paling penting dalam pencegahan kanker. Deteksi dini dapat menekan angka kematian akibat kanker payudara sebesar 25 – 30%. Selain itu, untuk meningkatkan kesembuhan penderita kanker payudara. Maka dari itu diperlukan penyuluhan tentang kanker payudara dan cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri.
Breast Cancer Awareness Month adalah bulan peduli kanker payudara yang diperingati setiap oktober di seluruh dunia. Untuk memperingati itu,  Standing Committee On Reproductive Health Including AIDS, CIMSA, BEM KM Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengadakan acara BCAM “Bersama Sadari Kanker Payudara Lebih Dini”.





SUMMARY PROJECT

BCAM merupakan kegiatan penyuluhan yang dilakukan member SCORA untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker payudara dan cara mendeteksi kanker payudara sejak dini. BCAM dilakukan untuk memperingati bulan peduli kanker payudara yang jatuh setiap bulan oktober.
Project ini  berlangsung 2 hari, pada tanggal 25 – 26 Oktober 2014 di Ganting dan GOR H. Agus Salim. Kegiatan hari pertama berupa penyuluhan door to door  kepada desa setempat sedangkan kegiatan hari kedua berupa pembukaan stand yang berisikan manekin ca mammae, poster dan brosur.
Secara keseluruhan, project BCAM ini berjalan lancar. Walaupun ada kendala, tapi dapat diatasi dengan baik dan tidak menurunkan semangat member SCORA untuk melakukan penyuluhan. Rangkaian acara BCAM ini menambah pengalaman dan kemampuan setiap member SCORA.

Semoga kedepannya, BCAM ini dapat diteruskan dengan lebih baik dan semakin memberikan banyak manfaat bukan hanya kepada member SCORA tapi juga masyarakat sekitar.

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply