Contact Form

 

SCOPH : Spirit of Social Care to Improve the number of Great Things (SPRING)


Project baksos ini kita mulai dengan membuat susunan kepanitiaan kira kira pada pertengahan bulan oktober. Susunan kepanitian kami rembukkan bersama di pelataran ABCD (saya, athari, 2 orang SC dan 2 orang senior scoph 09). Kemudian beberapa hari setelah susunan panita di buat, kita semua rapat umum dengan agenda mengumumkan kepanitian Baksos yang merupakan project setelah WDD.
Pada rapat perdana itu kami mengumumkan acara baksos ini rencananya akan di adakan tanggal 22-23 desember 2012 yang mana sebelumnya kami telah pergi survey ke sungai pua(tempat kegiatan).
Dan pada rapat itu kami membagi dan merencanakan apa saja yang perlu kami siapkan dan rencanakan untuk kesuksesan acara ini, setelah itu kami mengumpulkan masing masing bidang untuk rapat kecil dengan anggota2 masing yang dipimpin oleh koordinator2 nya masing2.
Setelah rapat kecil selesai kami berkumpul bersama lagi dan masing2 bidang mempresentasikan hasil rapatnya, disana kami saling memberi masukan dan koreksi guna untuk kesuksesan acara kami.
       Pada rapat rapat selanjutnya kami lebih sering rapat dengan koordinator masing2 bidang dengan agenda evaluasi sudah sejauh mana masing2 bidang menyelesaikan tugasnya, serta apa saja kesulitan dan kendala yang dihadapi.
       Kemudian pada awal desember yaitu tepatnya survey kami yang ke-3 kalinyadi sungai pua, ternyata ada perubahan jadwal ujian dari siswa SD disana yang awalnya 17 desember menjadi 24 des 2012, masalah ini membuat kami harus mencari solusi dan merapatkannya dengan semua panitia.
Awalnya kita rapat khusus dengan koor2 untuk membicarakan ini, setelah semua koor mengetahui kendala ini, kami semua mengadakan rapat umum untuk keseluruhan panitia pada hari berikutnya dengan hasil:
1. Acara baksos tanggal 30 desember, dengan syarat jumlah peserta harus lebih dari 30 0rang sebelum h-7,
2. kalo peserta tidak mencukupi 30, acara akan dilaksanakan tanggal 6 januari 2013 dimana itu minggu ke 6 blok.
Alhamdulillah tepatnya hari jumat tanggal 21 des kami mendapat kabar baik dari pihak sungai pua bahwa pesertanya sudah lebih dari 30 orang ( berkat doa dan harapan kami bersama).
Kemudian kabar baik kita sampaikan langsung lewat jarkoman sekaligus memberitahukan bahwa kita akan rapat umum tanggal 26 des dan semua panitia wajib hadir.
Pada rapat terahir tersebut kami mengevaluasi semua bidang dengan kesiapannya masing2 dan kami mengumumkan agenda2 setelah rapat ini:  
- kamis 27 desember Tentiren di aula bedah RS Djamil
       -jumat 28 desember technical meeting di ABCD
       -sabtu 29 desember berangkat ke sungai pua jam 16.30

Hari sabtu tanggal 29 desmber itu pada malamnya kami kembali rapat dan menjelaskan semua kegiatan seperti mengenai siklus, obat2an, tugas masing2 pelakasana dan banyak hal lainnya, rapat ini berlangsung hingga larut malam (panitia serasa sangat kompak dan luar biasa).
Pada esok harinya jam 7 kami semua berangkat ke SD dimana kami akan mengeksekusi puluhan preputium.
Sampai di tempat tujuan kami menyiapkan segala hal serta menunggu kedatangan para korban (peserta sirkumsisi).
Kira2 jam 8.30 setelah sebagian peserta sirkumsisi melakukan registrasi, kami mengdakan pembukaan untuk acara ini.
Pada acara pembukaan itu dihadiri oleh wali nagari beserta perangkatnya, kepala puskesmas, masyarakat serta orang tua dan peserta sirkum.
Setelah acara pembukaan selesai kami bersiap2 sambil menunggu dokter bedah yang sedang diperjalanan.
Setelah para dokter bedah datang, kami sedikit mendapat pengarahan dari korlap yaitu bang edi burhan dan setelah itu kami mengambil posisi di meja masing2 dan memanggil  para korban yang telah mendaftar dan rela preputiumnya untuk di eksekusi .
Kira2 jam 15.00 kita selesai dan telah mengeksekusi 53 orang dari 62 orang yang telah mendaftar, karena memiliki kontra indikasi untuk sirkumsisi dan ada juga yang membatalkan niatnya ketika melihat dan mendengar ratapan terharu dari teman2nya saat disirkum.
Kemudian kami makan bersama dan berkemas dan kira2 jam 17.30 para panitia kembali berangkat ke padang..
Pada hari rabu tanggal 2 januari kita rapat evaluasi mengenai kendala dan kemudahan serta mengutarakan moment2 indah yang kita rasakan pada bakti social sirkumsisi yang telah berlalu ini.
Dan rapat ini pun di akhiri dengan teriakan GO CIMSA yang saya lantunkan, dan di sambut oleh paduan suara  yang membahana dari semua panitia yang luar biasa ini dengan BE ACTIVE WITH CIMSA..

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply