Contact Form

 

SCORP : Constant V


Constant V memiliki rangkaian acara yang panjang, sehingga di bagi menjadi 2 acara pokok: Selebrasi & Seminar
Sebagai persiapan untuk acara Selebrasi sudah dilakukan 2 minggu sebelum hari Selebrasi (9&10 Desember2012).
Persiapan pertama untuk Selebrasi di Gor H.Agus Salim yaitu mempersiapkan poster-poster yang akan dipakai pada saat long march. Poster-poster tersebut berisi kalimat-kalimat yang berhubungan erat dengan Hak Asasi Manusia, serta kami mempersiapkan selebaran tentang Hari Hak Asasi Manusia. Tujuan dari Long march ini adalah untuk mempublikasikan dan mengingatkan masyarakat tentang hari Hak Asasi Manusia, tidak hanya harinya, tapi nilai yang terkandung, maka dari itu selebaran dan poster yang kami buat adalah tentang hal hal kecil tentang Hak asasi manusia yang dekat dengan masyarakat.
Persiapan yang kedua adalah selebaran mengenai jamkesmas serta bunga yang pada tanggal 10 Desember akan kami berikan kepada pasien & keluarga pasien sebagai bentuk kepedulian kami akan hak mereka dimata kesehatan. Bunga yang kami persiapkan merupakan hasil karya tangan Scorpion sendiri looh! Untuk tanggal 10 desember ini kami juga mempersiapkan drama kecil yang juga masih mengangkat tentang perenggutan HAM yang sering terjadi disekitar kita. Serta publikasi mengenai Pembuatan buku Karya HAM yang akan diisi oleh teman-teman yang ingin menyuarakan tentang HAM.
Selanjutnya persiapan terakhir adalah persiapan seminar pada akhir Desember 2012. Untuk seminar inilah yang banyak membutuhkan tenaga. Persiapan seminar ini berjalan seiring dengan persiapan selebrasi. Dimulai dari mencari Tema yang akan diangkat, setelah Tema ini sudah matang, maka selanjutnya kami mempersiapkan Narasumber yang tepat untuk menyampaikan tujuan dari seminar ini. Tema yang kami angkatpun adalah Patient Safety& Medicolegal dimana slogan atau motonya adalah Work Right based on Patients Right. Narasumber yang dapat kami persembahkan untuk peserta seminar adalah Direktur RS.M.Djamil sebagai narasumber untuk Patient Safety serta Kabiddokkes Polda Riau, yang juga merupakan Seorang dokter ahli forensik sebagai narasumber untuk Medicolegal.
Sebagai persiapan dana untuk seminar ini maka tim Konsumsi bekerja sama dengan Danus mempersiapkan dagangan buatan sendiri & Reseller setiap harinya sampai hari terakhir menjelang seminar.
Persiapan lain yang penting kami lakukan adalah persiapan untuk publikasi ke warga KM FK Unand serta Kampus-kampus lain yang nantinya akan kami undang. Persiapannya meliputi pembuatan poster, pamphlet, spanduk, dan surat undangan.
Didalam rangkaian acara seminar ada peluncuran buku HAM, maka kami mempersiapkan beberapa contoh buku sebelum nantinya akan diperbanyak sesuai permintaan.
Persiapan untuk seminar lainya juga tentang ruangan, peralatan, hadiah untuk pemenang dari karya Ham terbaik, registrasi, kasus untuk small working group, konsumsi peserta, narasumber, tamu undangan serta panitia, sampai video tentang HAM.
Pada hari Minggu tanggal 9 Desember, longmarch yang kami adakan cukup menyedot perhatian masyarakat yang sedang berolahraga disekitar GOR. Kami mengenakan poster di badan, meneriakkan Yel-yel Ham yang kami buat serta membagikan selebaran yang sudah kami persiapkan. Dimulai pukul 7.30 pagi sampai 10.00 pagi. Selanjutnya kami makan pagi bersama.
Rangkaian pada hari Senin/10 Desember tidak kalah menarik. Kami membuka stand Di pelataran EF masih dengan poster-poster yang sama dan selebaran yang sama mengenai HAM dan drama kecil di depan gedung ABCD FK Unand. Sorenya rangkaian dilanjutkan di RS M.Djamil dengan membagikan bunga serta selebaran tentang Jamkesmas. Dan acara puncaknya adalah seminar pada Minggu/30 Desember 2012. Acara ini dimulai pada pukul 8.30 pagi dengan sambutan-sambutan. Seminar ini diisi dengan pemberian materi oleh narasumber yang telah di datangkan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan smallworking group dan terakhir pembahasan kasus oleh narasumber.
Adapun sedikit tentang materi yang dibawakan yang pertama adalah oleh Direktur RS. M.Djamil, Dr.Hj.Aumas Pabuti,Sp.A,MARS , tentang Keselamatan Pasien Rumah sakit,  yang dimana beliau menerangkan Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Untuk meningkatkan keselamatan Pasien rumah sakit serta pelayanan rumah sakit, maka Pemerintah membentuk Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Rumah sakit dan tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit wajib melaksanakan program dengan mengacu pada kebijakan nasional Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Setiap rumah sakit wajib membentuk Tim Keselamatan Pasien Rumah Sakit (TKPRS). Dan TKPRS bertanggung jawab kepada kepala rumah sakit .
Sedangkan materi kedua yang disampaikan oleh dr. Adang Azhar, SpF., DFM tentang Perspektif Safety dalam menjalankan misi profesi. Dr. adang menyampaikan bahwa Safety Harus inheren dalam persfektif misi. Sedangkan misi yang safe berarti penghematan sumber daya: Man, money, material, time. Dalam prakteknya Rumah sakit harus bekerja sama dengan seluruh elemen penggeraknya, dan berkewajiban memantaunya. Dimulai dari fisik bangunan & peralatan medis / farmasi/ personil : jumlah, kualifikasi, training, kebijakan dan prosedur. Rumah sakit juga mampu memberikan safety bagi semua dengan menyediakan pelayanan yang memadai dan prosedur-prosedur yang adekuat demi keselamatan pasien&tamu , memiliki system pencegahan insiden serta deteksi dininya dan memiliki mekanisme penyelesaian masalah medicolegal. Dalam materinya dr. Adang juga menyimpulkan upaya untuk mencapai safety, yaitu dengan Upaya pencegahan pelanggaran, upaya cegah resiko, siapkan legal defence seperti rekam medic, informed consent dan alihkan resiko dengan asuransi profesi.
Acara terakhir adalah pengumuman pemenang karya Ham terbaik serta peluncuran buku Ham oleh Scorp Cimsa Unand. Dan disambung dengan doa penutup.

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply