Contact Form

 

Happy Meal Goes to School

Happy Meal Goes to School
Unand/SCORE

Happy Meal diadakan atas dasar kepeduliaan para SCOREpublics akan jajanan atau makanan yang ada di sekitar lingkungan kampus. Mulanya kegiatan Happy Meal sendiri diadakan di sekitar lingkungan kampus. Akan tetapi karena masih ditemukannya banyak makanan yang mengandung zat berbahaya di sekitaran lingkungan FK maka SCORE mencoba untuk melanjutkan penelitian yang sebelumnya di tempat yang berbeda. Happy Meal merupakan kegiatan lanjutan dari project periode 2013-2014. Walaupun namanya sama tetapi untuk Happy Meal tahun ini sangatlah berbeda dari tahun sebelumnya karena pada tahun Happy Meal diadakan serentak di 3 Sekolah Dasar yang notabene dipilih secara kualitas. Tiga sekolah yang terpilih terdiri dari sekolah dengan predikat baik, sedang, dan cukup. Semakin maraknya jajanan berbahaya cukup menarik perhatian SCORE untuk mengadakan pengambilan sampel di SD. Kami memilih SD karena di SD ada banyak generasi bangsa yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang harus diselamatkan dari zat-zat berbahaya. 

Acara Happy Meal Goes to School memiliki dua rangkaian kegiatan utama yaitu pengambilan dan pengecekan sampel makanan dari 3 SD serta penyuluhan di salah satu SD. Sekolah yang dipilih pada kegiatan happy meal tidaklah random namun berdasarkan atas tingkatan predikat sekolah. Dimulai dari sekolah Baik yaitu SD Pertiwi, SD predikat sedang SD 03 Alai, dan SD biasa yaitu SD 03 simpang Haru.
Kegiatan pertama adalah kegiatan pengambilan sampel. Pengambilan sampel sendiri dilakukan secara serentak sekitar pukul 09.45 wib. Lalu, sampel dari ke-3 sekolah langsung diperiksa di hari itu juga. Mulanya, pemeriksaan sampel direncanakan di Lab Biokimia. Namun, ada sedikit Miss Communication sehingga pemeriksaan sampel dilakukan di Lab Kimia. Dari hasil pemeriksaan ditemukan beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya seperti rhodamin B, Boraks, Formalin. Sekolah yang memiliki makanan dengan zat berbahaya terbanyak adalah SD 03 Alai. (Lampiran hasil akan disertakan di halaman terakhir).
        Lalu, berdasarkan musyawarah antar member SCORE SD 03 Alai dipilih sebagai SD yang menerima penyuluhan. Pada penyuluhan kali ini kami mengundang salah satu pakar di bidang gizi yaitu dosen dari FKM Unand Dr. Helmizar, S.KM, M.Biomed. Pada penyuluhan kali ini tema yang diangkat adalah Keseimbangan Gizi. Penyuluhan berlangsung cukup efektif dimana peserta penyuluhan adalah Wali Murid kelas 1 & 5 dan juga beberapa guru. Pada akhir sesi presentasi, dilakukan sesi Tanya jawab. Pada sesi Tanya jawab terlihat keantusiasan para wali murid. Setelah sesi Tanya jawab usai, pemateri memberikan secara simbolis buku mengenai gizi untuk anak-anak.

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply