Contact Form

 

Tahukah Apa Itu Mata Ikan?

KLAVUS (MATA IKAN)

Pernah dengar ga sih penyakit mata ikan?? Penyakit yang biasanya timbul di kaki, yang bikin sakit kalo jalan, berupa benjolan di telapak kaki?? Sebenarnya penyakit mata ikan itu bagaimana sih??

Apakah penyakit mata ikan itu??

Penyakit mata ikan atau biasa dengan istilah medisnya klavus merupakan penyakit biasa timbul di permukaan kaki dan sela-sela kaki, merupakan suatu istilah umum untuk penebalan kulit akibat tekanan atau gesekan yang berkepanjangan. Penebalan yang awalnya dimaksudkan untuk melindungi kulit dapat menjadi luas dan berlebih, sehingga menyebabkan nyeri dan pada kondisi berat, ulkus atau borok. Biasanya berbentuk bulat putih dengan inti hitam seperti mata ikan dan dapat menimbulkan nyeri saat menginjakkan kaki. Akibat yang ditimbulkan oleh mata ikan ini adalah sulit berjalan, nyeri, kosmetik (kaki jadi berkurang keindahannya) dll.

Penyakit ini disebabkan oleh tekanan dan gesekan secara terus menerus. Kadang juga penyakit ini disebabkan karena ukuran sepatu yang digunakan tidak pas atau sempit sehingga menimbulkan mata ikan. Penyakit mata ikan bisa juga timbul pada penderita diabetes yang disebabkan kelainan saraf pembuluh darah.

Apa sih faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya mata ikan??

Faktor-faktor yang membantu menyebabkan mata ikan adalah sebagai berikut:
- Mengenakan sepatu yang sempit dan menekan kaki.
- Mengenakan sepatu berhak tinggi yang dapat menekan bagian depan kaki.
- Mengenakan sepatu yang terlalu longgar dapat menyebabkan kaki bergesek dengan sepatu akibat adanya ruang.
- Sepatu dengan alas yang tipis dapat menimbulkan tekanan yang lebih besar pada daerah telapak kaki ketika berjalan dibanding dengan yang beralas tebal.
- Mengenakan sepatu atau sandal tanpa kaos kaki.
- Mengenakan kaus kaki yang tidak pas.
- Pada orang dengan berat badan berlebih, karena tekanan pada kakinya lebih besar.
- Berjalan tanpa alas kaki.
- Kondisi apapun yang menimbulkan tekanan dan gesekan berkepanjangan pada anggota tubuh, misalnya penggunaan palu pada tukang kayu, dapat menimbulkan mata ikan di daerah dengan tekanan dan friksi terbesar.

Bagaimana Mengatasinya?
Cara yang paling ampuh adalah mencegah sebelum terjadinya. Dengan kata lain, mencegah lebih baik daripada diobati
namun, apabila sudah terjadi lalu bagai mana?? Seperti yg dijelaskan diatas mata ikan disebabkan oleh penebalan kulit yang berlebih, maka penanganan pertama yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan mengurangi ketebalan kulit tersebut. Misalnya dengan menggosok daerah yang tebal menggunakan batu apung atau sabut khusus kulit, setelah sebelumnya dilembutkan dengan merendamnya dengan air hangat dan sabun.

Namun cara itu hanya bisa dilakukan saat mata ikan masih berukuran kecil dan belum mengganggu. Namuna jika mata ikan sudah sebesar koin sebaiknya segeralah ke dokter, minta dilakukan tindakan minor surgery (operasi kecil). Tidak perlu takut karena hanya akan dibius lokal sedikit, lapisan tebal tersebut akan diangkat dan setelah diberi obat akan diperban agar llukanya kering dan sembuh


GAMA AGUSTO LONANDA

SCORA CIMSA-BEM KM FK Unand

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply