Contact Form

 

Headset Bisa Merusak Telinga

Pada zaman sekarang umumnya anak-anak maupun remaja bahkan orang tua senang  mendengarkan musik.  Musik-musik yang di dengarkan biasanya musik yang mereka senangi dan terbaru baik itu aliran pop,rock,jazz, bahkan dangdut. Mendengarkan musik tidak hanya dalam waktu luang, tetapi dalam berbagai situasi seperti dalam perjalanan dan bertamasya. Mendengarkan musik bisa menggunakan pengeras suara(speaker) dan headset. Ternyata mendengarkan musik menggunakan headset sangat banyak pengaruhnya terhadap kesehatan kita, khususnya pada telinga. 

Telah diketahui sejak lama bahwa musik yang keras dalam jangka waktu panjang akan merusak pendengaran. Kadangkala suara itu sangat merusak sehingga menyebabkan sakit pada telinga. Efek yang akan di rasakan nya berupa kerusakan permanen pada telinga,hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara yang keras dari headset yang berlangsung terhubung dengan lubang telinga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan headset dan memainkan music dengan suara keras setiap hari selama lima tahun bisa menyebabkan kerusakan permanen dan masalah gangguan telinga yang tidak dapat disembuhkan. Pernyataan itu diberikan sembilan peneliti dari Committee on Emerging and Newly Identified Helat Risks. Bagaimanapun, mendengarkan musik melalui media portabel juga menimbulkan dampak lain. Lima tahun rasanya lama sekali, tetapi mendengarkan music melalui headset dalam jangka waktu panjang setiap hari akan menimbulkan efek yang sama dalam waktu yang lebih singkat sehingga berpengaruh bagi kesehatan.

Fadina Rizki
SCORA CIMSA-BEM KM FK Unand


Total comment

Author

Unknown

2   komentar

tapi kalau pakai TOA. aman kok
aku juga pernah punya pengalaman waktu lepas headset, kayak ada yang nyumbat di telinga...
aku juga baca referensi ini, isinya juga bagus.. http://infotipsbermanfaat.blogspot.com/2014/10/bahaya-pemakaian-headset-dapat-merusak.html

Cancel Reply