Contact Form

 

Internship : YES OR NO?

Apa sih itu internship ? Internship merupakan suatu program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi dan telah lulus uji kompetensi namun belum mempunyai kewenangan untuk praktik mandiri.  Program internsip memberikan kesempatan kepada dokter untuk mendapatkan pengalaman yang meliputi pengalaman melakukan upaya kesehatan perorangan (UKP) selama 8 bulan di rumah sakit Tipe C atau D dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) selama 4 bulan di puskesmas.
Masalah internship masih diperdebatkan karna kesejahteraan Dokter yang kurang, dari segi pembayaran hanya mendapatkan jatah hidup 1,2 juta yang tidak sesuai dengan biaya hidup dengan daerah yang berbeda-beda. Semakin kepelosok, biaya hidup semakin besar. Sedikit terenyuh mendengar cerita dari Dokter internship, Gimana tidak? Buruh saja yang rata-rata bekerja selama 8 jam sehari dengan hari kerja 5 hari perminggu atau dengan 160 jam gajinya mencapai 1.7 juta jika di rata-rata kan buruh digaji sekitar 10.000 perjam diluar jam lembur dan tunjangan lain-lain di Jakarta. Sedangkan Dokter “internship” diwajibkan masuk 6 hari kerja perminggu dan tiap bulannya bisa dinas 24 jam jadi dokter jaga IGD atau dengan jumlah jam kerja sekitar 260 jam digaji 1.2 juta maka tiap jamnya Dokter internship tersebut hanya digaji sekitar 5000 perjam. Tidak berhenti sampai disana. Dokter internship ini rentan terhadap deraan penyakit karena memang tugasnya berhadapan dengan orang yang sakit. Tapi Dokter internship ini bekerja tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan, sehingga jika dokter ini sakit maka diri sendiri yang harus membayar biaya pengobatannya, untuk makan saja sudah susah apalagi ditambah harus mencari biaya untuk kesehatan sendiri. Malangnya nasib Dokter internship L
Namun, masih ada sisi baik dari internship yaitu memberikan kesempatan kepada Dokter yang baru lulus pendidikan kedokteran untuk memahirkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan ke dalam pelayanan primer dengan pendekatan kedokteran keluarga. Pematangan dan pengabdian merupakan inti  tujuan dari internship, kenapa internship ada? masa koass yang singkat yaitu  1,5 tahun sehingga kurangnya pematangan dan juga karena tidak semua skill bisa didapatkan saat co-ass. Pengabdian, jika PTT hanya segelintir dokter yg mau ikut, walaupun gajinya besar. Dengan internshiplah, salah satu cara pemerataan Dokter karena bisa ditempatkan dimana saja sesuai kebijakan Dinas Kesehatan masing-masing provinsi. Jika ada yang protes pengabdian tidak harus seperti itu, pertanyaannya dikembalikan. Setelah tamat, kira-kira dari 100 orang ada berapa orang yang mau ke kabupaten dan didesa-desa. Kalau jawabanyya sedikit, berarti internship inilah salah satu pintu kita mengabdi kepada bangsa dan dapat membantu pelaksanaan program pemerintah untuk pemerataan persebaran dokter di Indonesia karena Dokter yang telah lulus tidak bertumpuk di kota-kota besar. Suatu kebijakan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, tergantung kita yang menyikapinya.
Apabila Internship ditiadakan, jelas bagi dokter memang lebih menguntungkan dalam hal waktu dan financial. Tapi, internship itu ada baiknya untuk tetap dilaksanakan. Walaupun kebaikannya dalam hal sesama umat yaitu pengabdian, dokter merupakan profesi yang mulia karena berusaha menyelamatkan nyawa dan menyembuhkan manusia. Kemuliaannya sulit diukur dengan sesuatu yang berbau materiil, walaupun di lihat dari kesejahteraan dokter memang kurang. Maka dari itu, mungkin lebih mencari solusi dan perbaikan sistem bagaimana kesejahteraan Dokter dan tetap bermanfaat untuk banyak orang.


By : Putri Asyiyah
SCOME CIMSA UNAND






Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply