Contact Form

 

Gerakan Melawan Osteoporosis


Gerakan Melawan Osteoporosis
Osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang progresif, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Tulang terdiri dari mineral-mineral, seperti kalsium dan fosfat, sehingga tulang menjadi keras dan padat. Jika kandungan kalsium, fosfat, dan zat lain dalam tulang berkurang, maka tulang menjadi kurang padat dan lebih rapuh, sehingga terjadilah osteoporosis.

Pencegahan Osteoporosis
1.      Asupan kalsium yang cukup
Mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, misalnya dengan minum susu secara teratur dua gelas sehari, ikan teri, brokoli, tempe, tahu, keju, dan kacang-kacangan. Menjaga asupan kalsium penting untuk ibu hamil, menyusui, dan orang tua.

2    Latihan fisik
Latihan fisik baik dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah skipping. Skipping merupakan suatu jenis olahraga yang menggunakan alat bantu berupa tali dan diputar dengan menggunakan pergelangan tangan sebagai tumpuan atau poros. Dengan skipping, tulang akan tetap terjaga kepadatannya karena gerakan skipping yang aktif dan melibatkan hampir seluruh anggota gerak tubuh. Sebaiknya latihan fisik dilakukan sejak muda dan terus dilanjutkan sampai tua. Latihan fisik tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan kelenturan tulang, tapi juga dapat meningkatkan keseimbangan, kebugaran jantung-paru, dan dapat memelihara serta meningkatkan massa tulang.

3    Paparan sinar UV B matahari (pagi dan sore)
Sinar matahari terutama UV B membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan massa tulang. Disarankan berjemur di bawah sinar matahari selama 30 menit pada pagi hari sebelum jam 09.00 dan sore hari sesudah jam 16.00. Di luar jam itu sinar UV membahayakan dan justru menjadi pemicu terjadinya kanker kulit.

Sinar matahari menolong dalam membentuk dan memperbaiki tulang-tulang. Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Selain osteoporosis, ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang serta mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).

4    Gaya hidup sehat
Dianjurkan untuk selalu hidup aktif, tidak cuma duduk dan tidur. Dengan aktivitas yang baik tulang akan menjadi keras. Hindari juga rokok dan alkohol. Hal ini terbukti secara efektif dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Mira Mustika
SCOPE CIMSA-BEM KM FK Unand

Total comment

Author

Unknown

1  komentar

artikel yang bermanfaat,

Cancel Reply