Contact Form

 

WNTD 2013

WORLD NO TOBACCO DAY 2013
Setiap tanggal 31 mei, dunia memperingati hari tanpa tembakau. Apa isu terbaru di hari tanpa tembakau sedunia tahun ini?
Pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan negara-negara untuk melarang segala bentuk iklan rokok, promosi dan sponsor untuk membantu mengurangi jumlah pengguna tembakau. Pelarangan iklan, promosi dan sponsor adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau, dengan negara-negara yang telah memperkenalkan larangan menunjukkan rata-rata penurunan 7% dalam konsumsi tembakau. Nah, negara yang sudah melaksanakan program ini diantaranya Albania, Brasil, Kolombia, Ghana, Iran, Mauritius, Panama dan Vietnam. Bahkan di Turki dilaksanakan larangan iklan, promosi dan sponsor mengenai tembakau yang dikombinasikan dengan langkah-langkah pengendalian tembakau lainnya. Cara ini memberikan kontribusi untuk mengurangi penggunaan tembakau sebanyak lebih dari 13%  (sekitar 1,2 juta pengguna tembakau). Bagaimana dengan Indonesia?? Hendaknya kita mendukung program WHO ini. Sebagaimana pesan dari  Direktur Jenderal WHO Dr Margaret Chan, "Pemerintah harus membuat prioritas utama mereka untuk menghentikan industri tembakau yang memanipulasi pemuda dan perempuan, khususnya untuk merekrut generasi pecandu nikotin".
Apa bahaya tembakau? Tembakau mampu membunuh hingga setengah penggunanya. WHO memperkirakan pada tahun 2030, tembakau akan membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun, dengan empat dari lima kematian ini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Tembakau merupakan faktor risiko utama untuk penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan penyakit pernapasan kronis.
Di dalam rokok terdapat TAR yang merupakan bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker sehingga zat ini dapat membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir diparu-paru, dan menyebabkan kanker paru-paru. Juga terdapat KARBON MONOKSIDA yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh, mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen dan menghalangi transportasi dalam darah. Selain itu juga terdapat AMONIAK – bahan kimia yang ditemukan dalam cairan pembersih. Zat ini mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru sehingga menyebabkan batuk.

Mari lindungi tubuh dengan tidak mengkonsumsi tembakau, dan mengajak orang sekitar untuk juga tidak mengkonsumsi tembakau serta ikut mendukung dan mengikuti anjuran WHO. 


Nadya Woro Nastiti
LPO Cimsa Unand  2013-2014

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply