Contact Form

 

Hati-Hati Makan Hati!

Hati, adalah salah satu organ dari binatang yang biasa di konsumsi orang-orang. Hati yang lazim dikonsumsi adalah hati ayam dan hati sapi. Ada yang di goreng, di rendang, di gulai, berbagai macam olahan dengan bahan dasar hati ini. Rasanya tentunya enak. Tetapi dibalik kenikmatan ini, tentunya ada hal negatif dari pengkonsumsiannya pada kondisi tertentu. Kenapa demikian? Hati adalah organ dari tubuh hewan yang paling banyak mengandung racun dibanding organ tubuh hewan lainnya. Hal ini di karenakan hati adalah organ pada tubuh hewan yang berfungsi sebagai penetralisir racun didalam tubuh hewan. Selain itu hati juga berguna dalam metabolisme, terutama metabolisme lemak.
Secara umum hati memang mengandung banyak protein yang diperlukan bagi tubuh tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Kandungan nutrisi dalam hati juga baik untuk memelihara syaraf, kandungan kolin dalam hati baik untuk bayi dalam kandungan, dan juga untuk penyembuhan anemia. Selain mengandung zat-zat baik bagi tubuh kita, hati juga mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner, obesitas, hipertensi, dan lain-lain. Kadar purin di dalam hati juga tinggi, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam urat. Jika dalam pengolahannya tidak baik, tidak dicuci bersih, tidak di masak dengan benar. Maka justru akan membawa bahaya bagi tubuh kita.
Maka dari itu teman-teman, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi hati. Jangan makan berlebihan dan terlalu sering, dan pastikan juga bahwa dalam pemrosesannya di olah dengan baik. Sehingga hanya manfaat baiklah yang kita dapat dari mengkonsumsi hati ini.
   
Resti Nurul Haqiqi
SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply