Contact Form

 

HAPPY MEAL - SCORE CIMSA-BEM KM FK Unand


HAPPY MEAL

          Happy Meal singkatan dari "Hygiene and Properly Marked Food Investigation for All". Merupakan project terbaru SCORE CIMSA Unand. Kali ini HAPPY MEAL diketua oleh Mila Permata Sari. HAPPY MEAL ini dibagi atas dua kegiatan yang berbeda. 

          HAPPY MEAL Part I diadakan pada hari Senin tanggal 2 Desember 2013 di Laboratorium Biokimia. Di part I ini para SCOREpublics CIMSA Unand melakukan penelitian terhadap makanan yang mengandung boraks dan Rodamin B. Boraks merupakan bahan pengawet buatan yang berbahaya untuk tubuh sedangkan Rodamin B merupakan pemberi warna tambahan merah yang berbahaya untuk tubuh. Sampel makanan yang diambil adalah jajanan tepi jalan dari RS. M. Djamil sampai sekolah Adabiah. Dan didapatkan 40 sampel makanan yang diduga berpengawet dan 25 sampel makanan yang mengandung pewarna. Penelitian kali ini dibina oleh dra. Yustini Alioes, M.Si, Apt. Beliau mengarahkan bagaimana prosedur meneliti bahan makanan, benarkah teruji ada pengawet dan pewarna buatan yang berbahaya? Jadi, setelah penelitian selesai dilakukan, didapatkan 18 sampel makanan yang positif mengandung boraks, dan 2 sampel makanan positif mengandung Rodamin B. Waaaww mengerikaaan !!




          HAPPY MEAL Part II diadakan dua hari setelah HAPPY MEAL Part I yaitu pada hari Rabu tanggal 4 Desember 2013. Part II ini para SCOREpublics CIMSA Unand mengadakan talkshow mengenai,"Cerdas Memilih Makanan, Awal dari Hidup Sehat". Narasumber kali ini adalah Prof. Dr. dr. Nur Indrawati Lipoeto, M.Sc, Ph.D, Sp.GK dan Dra. Yustini Alioes, M.Si, Apt yang berkompeten di bidangnya. Acara ini turut mengajak teman - teman yang tidak hanya berasal dari Pendidikan Dokter saja, tapi juga mengundang teman - teman dari FKG dan Kesehatan Masyarakat. Di acara ini kita dapat mengetahui makanan jajanan itu apa, bahan - bahan makanan alami dan buatan yang diperbolehkan apa saja, beda makanan yang diberi pengawet dan pewarna buatan apa saja, bagaimana sikap kita sebagai ahli medis terhadap jajanan tersebut, dan tips tips buat anak kos dan kontrakan dalam menyikapi hal tersebut. Acara berjalan dengan baik dan banyak rasa keingintahuan mahasiwa terhadap topik ini. Tapi waktu membatasi kegiatan ini pada pukul 6 sore.

                     Jadi dengan adanya HAPPY MEAL ini, kita sebagai mahasiswa apalagi ahli medis harus bisa memilih makanan dengan cermat. Jika kita mengonsumsi makanan yang berbahaya ini terus - menerus maka akan memicu timbulnya zat karsinogenik pada tubuh kita yang akhirnya lahirlah kanker. Selain itu kebanyakan mahasiswa yang kos dan ngontrak banyak yang menderita tifus akibat terkena infeksi dikarenakan mengkonsumsi makanan sembarangan. Sebagai ahli medis kita juga harus bisa memberikan penyuluhan kepada pedagang yang nakal mengenai dampak makanan yang diberi pengawet dan pewarna buatan.

lihat liputannya di http://www.youtube.com/watch?v=oy8SNcl-7s4 untuk melihat HAPPY MEAL part I, http://www.youtube.com/watch?v=PFSWCeSsI4o untuk melihat HAPPY MEAL prosedur penelitian, dan http://www.youtube.com/watch?v=d4r26APE2XY untuk melihat HAPPY MEAL Part II, talkshow tentang Cerdas Memilih Makanan, Awal dari Hidup Sehat

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply