Contact Form

 

BEGADANG?? Jangan Lagi

Begadang sudah menjadi aktivitas yang biasa bagi banyak orang. Baik itu karena nonton bola, mengerjakan tugas kuliah, persiapan ujian akhir, galau atau insomnia.  Cara begadang yang dilakukan juga berbeda-beda, ada orang yang harus minum kopi supaya bisa begadang, dan ada pula yang memang bisa terjaga hingga larut malam. Nah, tahukah anda apa bahaya begadang?
            Dengan begadang berarti kita akan kurang tidur. Kurang tidur ini berpengaruh terhadap pengeluaran beberapa hormon tubuh yang tergantung pada irama sirkadian, salah satunya adalah hormon kortisol. Hormon ini berpengaruh terhadap jalannya metabolisme tubuh diantaranya metabolisme glukosa melalui glukoneogenesis. Apabila sekresi dan jumlah hormon ini terganggu, akibatnya adalah obesitas yang merupakan salah satu faktor resiko dabetes melitus tipe 2. Selain itu, bagi para wanita yang ingin kulitnya halus perlu waspada karena kortisol dalam jumlah berlebihan  dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis.
            Nah, bagi yang begadang dengan minum kopi. Selain bahaya begadang,  bahaya kafein di kopi juga perlu dipertimbangkan. Kafein bersifat diuresis, artinya zat ini memicu pengeluaran cairan dari tubuh termasuk beberapa ion tubuh, pottasium dan kalsium. Kurangnya kalsium di tubuh dapat berpengaruh pada tulang dan menimbulkan osteoporosis. Kafein juga berpngaruh terhadap kerja jantung,  karena kafein bertindak sebagai suatu stimulant, zat ini meningkatkan kerja jantung dan tekanan darah.            Oleh karena itu, agar tubuh tetap sehat akan lebih baik jika mengurangi kebiasaan begadang dan tidur dengan cukup.
Nadya Woro NastitiSCOPH CIMSA BEM KM FK Unand

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply