Contact Form

 

Welcoming Speech From Our President

Ilham Ari Seja
Presiden CIMSA Unand 2013-2014
Assalamu'alaikum wr.wb

CIMSA (Center for Indonesian Medical Students` Activities) adalah organisasi pusat kegiatan mahasiswa kedokteran di Indonesia yang bersifat independen, inklusif, nasionalis non-profit dan non-partisan yang berbasis pada kegiatan (activities).
CIMSA berafiliasi dengan International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA) yaitu organisasi mahasiswa terbesar di dunia dengan jumlah anggota lebih dari 10 negara anggota dan mewakili lebih dari satu juta mahasiswa kedokteran secara global. IFMSA merupakan organisasi mahasiswa kedokteran internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
CIMSA telah memiliki 17 lokal aktif dan 2 lokal observer yang tersebar di berbagai universitas di Indonesia, yang mana didalamnya tergabung sekitar 2500 mahasiswa kedokteran di Indonesia. Salah satu lokal aktif CIMSA adalah lokal Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.
CIMSA lokal Universitas Andalas (Unand) secara resmi berdiri pada tanggal 18 Maret 2005. Sejak berdiri, CIMSA lokal Unand mengalami peningkatan jumlah anggota yang progresif. Sekarang CIMSA lokal Universitas Andalas memiliki lebih dari 200 anggota aktif untuk periode 2013/2014. Dan sekitar 400 anggota yang pernah aktif sebelumnya.


CIMSA UNAND memiliki 6 badan aktivitas yang disebut dengan Standing Committee yang memiliki tugas masing-masing, yakni Standing Committee on Medical Education (SCOME), Standing Comittee on Public Health (SCOPH), Standing Comittee on Human Right and Peace (SCORP),Standing Comittee on Reproductive Health including HIV/AIDS (SCORA), Standing Comittee on Professional Exchange (SCOPE), dan Standing Comittee on Research Exchange (SCORE).
Setiap tahunnya CIMSA Unand sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, berkomitmen untuk selalu memberikan manfaat baik kepada mahasiswa maupun kepada masyarakat secara langsung dengan dukungan 6 Standing Committee yang dimiliki. Berbagai kegiatan dilakukan seperti : seminar, penyuluhan, hingga turun langsung ke masyarakat untuk mencapai tujuan, baik dalam taraf lokal, regional hingga nasional.

Adapun  tujuan-tujuan dari CIMSA UNAND itu sendiri, yaitu :
1. Memberdayakan mahasiswa kedokteran  untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
2. Mendukung aktif peningkatan pendidikan kedokteran
3. Menjadi forum bagi mahasiswa untuk mendiskusikan topik-topik kesehatan individu dan masyarakat, pendidikan dan ilmu pengetahuan
4. Mendukung dan memfasilitasi pertukaran tenaga profesional dan penelitian sehingga mengenalkan mereka masalah kesehatan negara lain untuk memajukan profesi kedokteran.

Akhir-akhir ini CIMSA Unand fokus terhadap beberapa isu kesehatan yang sedang menjadi perhatian bidang kesehatan seperti MDGs serta program pemerintah dalam melaksanakan UHC (Universal Health Coverage) atau SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional).

Dengan segala aktifitas yang dilakukan CIMSA Unand, harapan dalam mewujudkan misi CIMSA “ Empowering Medical Students, Improving the Nation’s Health” terus bergulir.

Always Active, Think Globally, Act Locally
Go CIMSA, be active with CIMSA !!

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply